PKKMB Unila 2023
STORY DARI KEGIATAN PKKMB UNILA 2023
NAMA : SYIFA HEUNING CHOIRUNISYA
NPM : 2314051055
PRODI : TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN
Halo guysss, perkenalkan nama saya Syifa Heuning Choirunisya mahasiswa Fakultas Pertanian prodi Teknologi Hasil Pertanian Universitas Lampung. Disini saya akan menceritakan pengalaman atau keseharian saya selama PPKMB Unila.
PKKMB merupakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru. PKKMB merupakan kegiatan wajib setiap tahunnya dalam penerimaan mahasiswa baru Unila yang berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 14 sampai dengan tanggal 18 Agustus 2023. Saya sangat senang mengikut kegiatan PKKMB Unila 2023, saya sangat bangga menjadi mahasiswa baru Universitas Lampung. Universitas Lampung.
Adapun kegiatan saya selama PKKMB adalah, pada hari pertama PKKMB Universitas saya mengikuti kegiatan PKKMB Universitas melalui zoom karna kapasitas atau jumlah mahasiswa baru yang bisa mengikuti PKKMB Universitas hari pertama dan kedua di batasi atau menggunakan sistem hybrid.
Lalu di hari kedua tanggal 15 Agustus saya mengikuti PKKMB Universitas offline pagi jam setengah 6 saya datang ke UnilaUnila untuk mengikuti kegiatan PPKMB dan kembali ke kostan pada jam setengah tujuh malam.
Lalu pada hari ketiga tanggal 16 Agustus, saya mengikuti kegiatan PKKMB Fakultas yaitu Fakultas Pertanian dengan pengenalan sejarah fakultas pertanian dan pada hari terakhir tanggal 18 saya mengikuti kegiatan PPKMB prodi yaitu prodi Teknologi Hasil Pertanian.
Adapun materi-materi yang di sampaikan pada saat kegiatan PKMMB adalah :
Hari ke-1
- Pengenalan Pimpinan Rektor Materi 1, Pengembangan karir
Jika ingin menjadi yang terbaik, lakukanlah suatu hal tanpa keraguan. Zaman sekarang semakin maju, semakin banyak orang pintar.
Saat inilah kesempatan kita untuk menuangkan ide dan pikiran kita melalui kuliah.
Ada banyak cara untuk kuliah selama ada niat dan berjuang.
- Materi ke-2 Pendidikan tinggi di era revolusi industry 4.0 dan society
Ranking unila berbeda beda di setiap tingkat, ada tingkat nasional,dan internasional. Disetiap tingkat, unila harus mampu bersaing untuk memperjuangkan dan mempertahankan bahkan meningkatkan ranking tersebut, unila juga turut memperbaiki program studi dari tahun ke tahun, dengan introspeksi di setiap tahunnya. Di Unila, terdapat 3 pembelajaran, ada daring, luring, dan hybrid.
Cara menyikapi society yakni dengan pengetahuan yang berbasis modern. Unila mengusung Era society berdasarkan kementerian. 8 program MBKM, Antara lain :
1. Pertukaran pelajar
2. magang
3. KKN
4. wirausaha
5. Projek independent
6. mengajar
7. Riset
8. Proyek kemanusiaan
- Materi ke-3, Kehidupan berbangsa, bernegara
Definisi bela negara : konsep umum, kita memilki hak dan kewajiban yang sama. Seluruh warga Negara Indonesia berhak atas bela negara. Tetapi, kita lihat kondisi Masyarakat terhadap negara, tidak peduli, abaikan norma, kurag paham Sejarah.
Nilai Pancasila dan UUD 1945 perlu diterapkan dalam kehidupan sehari hari.
Esensi nilai NKRI : nilai kesatuan wilayah, nilai persatuan bangsa, dan nilai kemandirian.
- Materi ke-4, Bahaya terorisme, narkoba, dan intoleransi
Terorisme, penggunaan kekerasan dengan sengaja untuk mencapai tujuan ideologis.
Narkoba, narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.
Intoleransi, ketidak peduliaan terhadap sesama atau orang lain yang berbeda.
Ketiga hal negative itu wajib dihindari agar terciptanya Masyarakat yang damai dan Sejahtera.
Salah satu identitas Indonesia adalah keberagaman, tetapi di Indonesia banyak sekali ancaman ideologi. Saat ini yang muncul yakni judi online, pornografi, dan masih banyak lagi.
Antisipasi dan Langkah nyata yaitu kita sendiri, sebagai mahasiswa yang berperan dalam P4GN
Hari ke-2
- Materi 1, kampus sehat
Pengenalan poli klinik Unila, seperti fasilitas, pelayanan, konsultasi, dan sebagainya.
- Materi 2, mengenal provinsi lampung
Gambaran umum provinsi lampung, potensi SDA dan budaya, komoditi unggulan, dan potensi panas bumi. Mahasiswa harus produktif dan memiliki daya saing serta memiliki perspektif perencanaan yang matang untuk menghadapi tantangan global di masa depan. Pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), BEM, dan sebagainya.
II.2 Ekosistem Pendidikan tinggi
Oleh Dekan Fakultas Pertanian Bpk Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.si.
II.2.1 Kemajuan Suatu Bangsa
Kemajuan suatu Bangsa dapat dibagi menjadi:
Inovasi/Kreativitas (SDM) 45%
Link/Network 25%
Teknologi 20%
Sumber Daya Alam (SDA) 10%
Disini membuktikan bahwa Sumber Daya Manusia sangat berpengaruh besar dalam kemajuan suatu Negara.
Oeh sebab itu Perguruan tinggi sanga penting untuk para generasi yang akan datang.
II.2.2 Sistem Pendidikan Tinggi
Dalam system pendidikan tinggi ini sangat berpengaruh dalam mencetak kader masa depan yang unggul. Sistem pendidikan tinggi ini yang mengatur bagaimana pembelajaran yang diberikan kepada Mahasiswa baru sampai kelulusan.
II.2.3 Kompetensi Kelulusan
Aspek yang harus dicapai untuk kompetensi kelulusan mahasiswa yaitu :
a. Berkomunikasi yang baik
b. Berfikir analisis
c. Mandiri
d. Berfikir logis
e. Komunikasi lisan dan
f. Mampu berkerja tim
II.2.4 Revolusi Industri 4.0
Dalam Revolusi Industri 4.0 ini Perguruan Tingg harus menghadapi tantangan
mempersiapkan mahsiswa untuk menghadapinya. Pertanyaannya bagaimana
PTN mempersiapkan untuk menghadpi Revolusi 4.0?
Perlunya fokus pada TIK dan Teknologi masa depan, pendidikan dosen,dan belajar sepanjang hayatuntuk mrnciptakan pendidikan yang luwes dan mudah beradaptasi. Selain itu harus menciptakan kualitas keterampilan dan kemampuan tenaga kerja.
II.2.5 Plagiarisme
Plagiarisme merupakan hal yang sangat negative bagi mahasiswa. Plagiarism dapat berdampak sangat buruk terhadap mahasiswa. Alasan mengapa orang melakukan plagiarism:
a. Tidak tau bahwa plagiarism merupakan musuh akademik.
b. Adanya tindakan illegal.
- Apa saja yang termasuk plagiarisme?
a. Bagian tulisan yang dicopy tanpa mencantumkan sumbernya.
b. Mengambil ide orang lain.
c. Penulis bayaran.
- Akibat plagiarism:
a. Malas belajar
b. Pencurian/plagiat
c. Menjadikan kurangnya inovasi dan kreativitas dalam berfikir.
II.3 SISTEM KADEMIK
Oleh Bpk Prof. Dr. Ir. Purnomo M.S
II.3.1 Sistem Akademik
Sekolah VS Kuliah
a. Bukan Sks X SKS
b. Teman semua X teman beda-beda
c. Masih dituntun guru X mandiri
Dalam artian perkuliahan menuntuk kita untuk mandiri, sangan berbeda dengan sekolah SMA.
II.3.2 Peraturan Akademik
a. Pasal 9: Satu SKS pembelajaran berupa kuliah, respon, atau tutorial.
b. Pasal 14: Sarjana harus mencapai minimum 144 dan maksimum 160 semester
II.4 PENGENALAN FAKULTAS
Oleh Dr. Ir. Abdullah Aman Damai, M.Si.
II.4.1 Fasilitas FP UNILA
a. Student center
b. Perpustakaan
c. Lapangan tenis, sepak bola, basket, lintas lari, kolam renang
d. Gedung gsg (aula)
e. Laboratorium
f. Rumah kaca
II.4.2 Poin-poin Penting
a. SSBOT dihitung berdasarkan Capaian standar Nasional Pendidikan Tinggi Program study Indeks kemahalan
wilayah
b. BOPT terdiri dari 2 komponen
Biaya Langsung/ BL dan
Biaya Tidak Langsung/BTL
II.5 HAK DAN KEWAJIBAN MAHASISWA
Oleh Dr. Ir. Kuswanta Futas Hidayat M.P
II.5.1 Hak Mahasiswa
a. Memperoleh layanan pendidikan
b. Menggunakan fasilitas belajar
c. Mendapat bimbingan dosen
d. Memperoleh informasi
e. Menyelesaikan study lebih awal dari study yang ditentukan
f. Kebebasan akademik dengan mengutamakan akhlak dan tanggung jawab
g. Memperoleh layanan kesejahteraan
h. Pindah program study baik dalam fakultas ataupun luar fakultas
i. Mengikuti organisasi
j. Manfaat jalur organisasi
II.5.2 Kewajiban Mahasiswa
a. Ikut menanggung biaya (UKT)
b. Mematuhi ketentuan yang berlaku
c. Ikut menjaga sarana prasarana
d. Menghargai ilmu teknologi dll.
Komentar
Posting Komentar